Rabu, 29 Juli 2009

MENGINGAT INGAT KEBAIKAN TUHAN

Kita semua pasti pernah mengalami keletihan rohani. Akibatnya bermacam2, bisa jarang berdoa, kesibukan yang luar biasa, tekanan masalah, ekonomi, dll. Tetapi kita semua tahu bahwa hubungan kita dgn Tuhan Yesus tidak boleh kendor, kita harus tidak boleh memberi celah kepada Iblis utk mengambil kesempatan ini. Saya telah menemukan salah satu cara yang dapat membuat kita bersemangat kembali.

Coba kita ingat2 kembali, apakah Tuhan pernah menolong kita pada saat2x genting pada jaman dulu? Bbrp tahun lalu? Pada saat kita benar2 dibawah? Terjepit? Apakah kita ingat bahwa Tuhan pernah menolong kita pada saat2 tsb dan itu semua terjadi untuk kebaikan kita?

Mazmur . (77-12) Aku hendak mengingat perbuatan-perbuatan TUHAN, ya, aku hendak mengingat keajaiban-keajaiban-Mu dari zaman purbakala.

(77-13) Aku hendak menyebut-nyebut segala pekerjaan-Mu, dan merenungkan perbuatan-perbuatan-Mu.

Terjemahan Bahasa Indonesia sehari 2 :

77:11. (77-12) Aku mau mengingat perbuatan-perbuatan-Mu TUHAN, mengenang keajaiban-keajaiban-Mu di zaman dahulu.

77:12 (77-13) Aku mau merenungkan segala yang Kaulakukan, dan memikirkan karya-karya-Mu yang hebat.

Pada jaman PL Tuhan sering sekali memerintahkan umat-Nya utk merayakan perayaan2 tertentu supaya tidak melupakan apa yang Tuhan sudah lakukan bagi mereka, dgn demikian mereka bias menyampaikan kisah2 itu ke generasi2 berikutnya.

Seperti : Bagaimana Tuhan telah melepaskan mereka dari perbudakan, menuntun mereka di padang gurun dgn tiang api dan tiang awan, laut terbelah, mengalahkan musuh2, dsb.

AYAT2 TTG PERAYAAN DALAM PL :

KEL 4 : 1-9. KEL 5:1. KEL 23:14-15, Imamat 23:39,41, Bil 10:10, Hakim2x 21:19 21:19 Lalu kata mereka pula: "Setiap tahun ada perayaan bagi TUHAN di Silo yang letaknya di sebelah utara Betel, di sebelah timur jalan raya yang menuju dari Betel ke Sikhem dan di sebelah selatan Lebona."

2 Taw 7:8 7:8 Dan pada waktu itu juga Salomo mengadakan perayaan Pondok Daun selama tujuh hari, bersama-sama dengan seluruh Israel, suatu jemaah yang amat besar, dari jalan masuk ke Hamat sampai ke sungai Mesir.

7:9 Pada hari yang kedelapan mereka mengadakan perkumpulan raya, karena mereka telah merayakan pentahbisan mezbah selama tujuh hari, dan perayaan Pondok Daun selama tujuh hari.

Kita perlu melakukan yang sama dgn itu. Kita harus mengambil waktu utk mengingat2 hal yang Tuhan sudah lakukan bagi hidup kita. Ini adalah suatu cara utk membangun kembali iman kita dan menjaga agar kita tetap bersemangat.

CONTOH AYAT : YESAYA 57:10 Oleh perjalananmu yang jauh engkau sudah letih lesu, tetapi engkau tidak berkata: "Tidak ada harapan!" Engkau mendapat kekuatan yang baru, dan sebab itu engkau tidak menjadi lemah.

57:11 Kepada siapa gerangan engkau gentar dan takut, sehingga engkau berdusta dan tidak mengingat Aku atau memberi perhatian kepada-Ku? Bukankah karena Aku membisu dan menutup mata, maka engkau tidak takut kepada-Ku!

CONTOH AYAT DALAM PL BAHWA MELUPAKAN PERBUATAN BAIK TUHAN DI MASA LALU MENYEBABKAN ORANG BISA MURTAD :

YESAYA 63:7. Aku hendak menyebut-nyebut perbuatan kasih setia TUHAN, perbuatan TUHAN yang masyhur, sesuai dengan segala yang dilakukan TUHAN kepada kita, dan kebajikan yang besar kepada kaum Israel yang dilakukan-Nya kepada mereka sesuai dengan kasih sayang-Nya dan sesuai dengan kasih setia-Nya yang besar.

63:8 Bukankah Ia berfirman: "Sungguh, merekalah umat-Ku, anak-anak yang tidak akan berlaku curang," maka Ia menjadi Juruselamat mereka

63:9 dalam segala kesesakan mereka. Bukan seorang duta atau utusan, melainkan Ia sendirilah yang menyelamatkan mereka; Dialah yang menebus mereka dalam kasih-Nya dan belas kasihan-Nya. Ia mengangkat dan menggendong mereka selama zaman dahulu kala.

63:10 Tetapi mereka memberontak dan mendukakan Roh Kudus-Nya; maka Ia berubah menjadi musuh mereka, dan Ia sendiri berperang melawan mereka.

63:11 Lalu teringatlah mereka kepada zaman dahulu kala, zaman Musa, hamba-Nya itu: Di manakah Dia yang membawa mereka naik dari laut bersama-sama dengan penggembala kambing domba-Nya? Di manakah Dia yang menaruh Roh Kudus-Nya dalam hati mereka;

63:12 yang dengan tangan-Nya yang agung menyertai Musa di sebelah kanan; yang membelah air di depan mereka untuk membuat nama abadi bagi-Nya;

63:13 yang menuntun mereka melintasi samudera raya seperti kuda melintasi padang gurun? Mereka tidak pernah tersandung,

63:14 seperti ternak yang turun ke dalam lembah. Roh TUHAN membawa mereka ke tempat perhentian. Demikianlah Engkau memimpin umat-Mu untuk membuat nama yang agung bagi-Mu.

Jangan jadi spt contoh bgs Israel di padang gurun yang sudah diberi mujizat dan pertolongan luar biasa tapi masih mengeluh dan lupa terus akan pertolongan Tuhan.

Nah biasanya kita kalau pas dalam masa kesesakan, yang lebih diingat adalah kekuatiran, kegelisahan, ketakutan, dll yang negatif2 drpd yang positif2. Jadi malah kita seharusnya cepat bisa menanggulangi masalah itu dgn proses yang lebih cepat, malah jadi lama dan berputar2 di dalam masalah itu. Tapi kalau kita pas dalam masa ketenangan, sukacita, penuh berkat, baru kita mengingat2 yang positif2 dari Tuhan. Hal ini tentu tidak salah, karena kita harus mengingat hal2 yang positif2 dari Tuhan senantiasa, tapi justru pada masa kesesakan inilah kita butuh kekuatan yang salah satunya didapat dari mengingat2 kebaikan Tuhan pada hidup kita.

Ingat-ingat apa ya ttg kebaikan Tuhan…contohnya spt : bgmana Tuhan menolong dan meloloskan kita dari badai finansial, kesehatan…., hampir mati dari kecelakaan mobil (tabrakan hebat), dari jomblo sampai ketemu pacar yang akhirnya jadi istri/suami kita…., dari kehidupan lama kita yang buruk (ex judi, peminum, pemabuk, perokok, suka menghakimi orang, suka ngomong jorok, sombong, dll pls mention….). Ingatlah yang baik2 : Hari anak kita dilahirkan, Tuhan beri kita our first job, perubahan paradigma kita ke arah lebih baik, doa2 yang dijawab, pertama kali kita dapat anugrah bahasa roh kudus, orang2 disekeliling kita yang bertobat, dll.

Saat kita belajar untuk mengingat kembali hal2 baik yang Tuhan sudah lakukan, itu menolong kita untuk tetap dalam suatu sikap iman dan tidak lupa untuk bersyukur terus menerus tiap hari. Jadi sukar utk mengeluh apabila kita ingat terhadap kebaikan2 Tuhan thd hidup kita, sebaliknya kita jadi bias bersuka cita senantiasa dalam segala kondisi kehidupan kita. (Filipi 4:4).

If possible, saya mendorong kalian semua utk punya jurnal yang mencatat ttg kebaikan2, mujizat2 Tuhan yang pernah kita alami dalam hidup kita. Nanti jurnal itu akan menolong kita khususnya pada waktu masa kesesakan, atau pas kehilangan arah, pas lemah, pas hubungan kita jauh dari Tuhan, pas doa2 kita terasa jauh dan lama dijawab, dsb.

Jurnal ini akan memperkuat IMAN KITA! Kalau kita lupaan maka minumlah : GINKO BILOBA! (nutrisi utk our brain memory).

Pokoknya kalau Tuhan bias menolong kita di kehidupan kita di masa lalu, pasti Dia bisa menolong kita di kehidupan sekarang yang kita jalani dan masa depan yg kita akan jalani.

Dia adalah Tuhan yang sama sepanjang masa!!

GOD BLESS U…!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.